Skip to toolbar

Fisika membuat GILA …!!!

Sekedar ingin berbagi………..


Bidang studi Fisika, memang sangat berbeda dengan yang lainnya. Ilmu Fisika mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam perkembangan teknologi sekarang ini. Hampir semua teknologi menggunakan aplikasi dari ilmu fisika. Namun, tidak gampang ternyata mempelajari fisika.

Sebagai mahasiswa fisika, rasanya sangat riskan kalo mendengar bahwa “Fisika Membuat GILA”. Tetapi lebih mengejutkan lagi bahwa yang mengatakan demikian adalah mahasiswa fisika itu sendiri. Ya, beberapa saat yang lalu, ketika sedang kuliah fisika dasar 3, ada seorang mahasiswa yang mengatakan fisika membuat gila. Entah apa yang membuat mahasiswa tersebut mengatakannya. Saya dan teman saya -kakak tingkat dari mereka- yang mendengarkanya sampai geleng kepala.

Bahkan ada beberapa mahasiswa -juga mahasiswa fisika- yang mengatakan bahwa fisika itu tidak ada mempunyai prospek yang baik dalam dunia keja. ia mengatakan bahwa, jika ada lowongan kerja pasti yang di cari kebanyakan adalah mahasiswa lulusan Ekonomi, akuntansi, teknik mesin, teknis industri dll, tidak ada yang mencari lulusan fisika. (BENARKAH demikian kenyataannya????)

Mungkin mahasiswa tersebut belum memahami bagaimana seharusnya mempelajari ilmu fisika. Memang disamping harus memahami dasar ilmu matematika (kalkulus) juga harus memahami teori-teori fisika dengan penjabaran rumus yang rumit. Ilmu fisika tidak dapat dipelajari hanya dengan hal-hal yang bersifat teoritis saja. Namun juga harus dipelajari melalui pendekatan uji lab atau praktikum. Teori-teori fisika harus dibuktikan secara real dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sulit memang mempelajari fisika. Begitu juga yang saya alami sampai semester 7 ini. Tidak semua materi dapat diserap dengan sempurna. Namun, semakin kita lama mempelajari fisika, maka akan sendirinya kita memahaminya. Karena materi fisika saling berkaitan, sehingga pembahasnya akan saling timbal-balik. Hal inilah yang akan memberikan pemahaman lebih kepada kita.

Yang jelas, Fisika tidak akan dipahami oleh orang yang dari awal sudah tidak suka pada Fisika. Walau bagaimanapun jika sudah tidak suka maka sangat sulit untuk dapat memahami fisika, bahkan oleh mahasiswa fisika sekalipun. Anggapan bahwa Fisika membuat gila, mungkin benar. Karena jika fisika sudah mendarah daging -seperti Einstein- maka tidak ada yang akan dipirkan selain fisika. Bukan membuat gila karena keruwetan rumus-rumusnya.

Untuk semua pecinta fisika, “ALWAYS BE FUN WITH PHYSICS”