Kolaborasi Coreldraw-Photoshop

– design graphic is so funny –

Desain grafis bagi beberapa memang sangat menyenangkan. Bisa jadi mendesain adalah hobi yang sangat menyenangkan dibandingkan dengan hobi yang lain seperti mengetik, internet, atau nyang lainnya. Dengan desain grafis kita mampu menunagkan segala pikiran kita kedalam sebuah gambar. Daya kraetifitas sangat diperlukan untuk menghasilkan karya yang bagus.

saat ini banyak sekali program yang digunakan untuk desain grafis, diantaranya adalah Coreldraw, Photoshop, Freehand, adobe ilustrator dll. Kebanyakan program ini berhubungan dengan program yang lain. Misalkan coreldraw berkolaborasi dengan photo paint, trace, rave, capture yang berada dalam satu paket sofware keluaran corel. Photoshop berkolaborasi dengan page maker. Freehand berkolaborasi dengan fireworks, flash, dreamweaver yang ada dalam satu paket pada macromedia.

Bagi sebagian orang cukup dengan satu program bisa menghasilkan desain yang sangat bagus. Namun bagi sebagian yang lain, satu program terkadang masih sangat kurang. Sehingga perlu dimodifikasi dengan program yang lain. Kebanyakan kolaborasi yang digunakan adalah photoshop dan coreldraw. Kedua program ini mempunyai keunggulan sendiri-sendiri. Photoshop sangat bagus untuk mengedit sebuah gambar yang sudah jadi. Dengan banyak fitur, gambar yang jelek bisa disulap menjadi gambar yang sangat bagus. Modifikasi ini tidak terdapat pada coreldraw. sedangkan coreldraw sangat bagus dalam kolaborasi teks dan gambar. Meskipun photoshop juga bisa namun lebih mudah dengan coreldraw.

Kolaborasi coreldraw dan photoshop sangat menarik dengan hasil yaang bagus. Saya sendiri suka memakai keduanya dalam mendesain. Sebenarnya bisa juga kolaborasi dengan yang lainnya namun kolaborasi kedua program ini tidak terkalahkan ( menurut saya 🙂 ).

So be funny with design graphic.